6 Makanan Sehat yang Bisa Dijadikan Obat Darah Tinggi

makanan Penurun darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi memang mengerikan dan bisa menimpa siapa saja saat ini. Tak hanya orang yang sudah berusia lanjut saja, mereka yang masih belia pun tak luput dari penyakit ini. Sebenarnya, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat sebagai obat darah tinggi untuk menghindari risiko yang lebih parah. Apa saja makanannya?

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, sawi dan lainnya mengandung kalium yang tinggi. Selain itu, sayuran hijau ini juga mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup. Kedua senyawa ini sangat bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk mengonsumsi sayuran hijau setiap hari untuk mengontrol tekanan darah.

  1. Yogurt

Tak hanya sayuran hijau saja, yogurt juga bisa digunakan sebagai makanan penekan darah tinggi. Yogurt juga mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi. Sekitar 17 gram yogurt, di dalamnya ada 300 mg kalsium atau hampir sepertiga dari kebutuhan kalsium harian. Selain itu, kandungan natriumnya juga rendah sehingga sangat pas dikonsumsi penderita hipertensi.

  1. Susu Skim

Selain yogurt, produk turunan susu lain yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah susu skim. Susu skim juga mengandung kalsium dalam jumlah tinggi yang bisa jadi obat darah tinggi. Tak hanya itu, susu ini juga mengandung lemak rendah yang baik untuk mengontrol tekanan darah.

Bukan itu saja kandungan yang ada di dalam susu skim yang mampu mengontrol tekanan darah. Di dalam susu skim juga terkandung senyawa peptida yang juga berperan dalam mengontrol hipertensi sehingga pas dikonsumsi mereka yang menderita hipertensi.

  1. Kentang

Kentang kaya akan kalium dan magnesium. Kedua mineral ini berguna untuk menurunkan tekanan darah. Jadi, jika Anda menderita darah tinggi, mengonsumsi kentang sangat dianjurkan. Namun, sangat tidak disarankan memasak kentang dengan garam karena itu hanya akan merusak manfaatnya.

  1. Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan sehat yang mengandung natrium dalam jumlah yang rendah, lemak rendah dan serat yang tinggi. Semua kandungan itu mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sarapan setiap hari menggunakan oatmeal akan sangat membantu Anda dalam menekan tekanan darah.

  1. Cokelat

Siapa sangka, cokelat ternyata juga berguna untuk menurunkan tekanan darah. Cokelat kaya akan senyawa flavonoid yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun, tidak semua jenis cokelat masuk kriteria ini. Hanya dark chocolate saja yang bisa Anda konsumsi karena ia kaya flavonoid sebab berasal dari 70% buah kakao.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi sebagai obat darah tinggi yang aman. Selain mengonsumsi itu, Anda juga harus menghindari berbagai makanan yang bisa menyebabkan darah tinggi makin parah. Beberapa di antaranya adalah garam, makanan berlemak seperti daging merah dan kulit ayam, minuman beralkohol hingga gula.