Lakukan Beberapa Hal Ini Sebelum Memutuskan Memanggil Tukang Servis

Lakukan Beberapa Hal Ini Sebelum Memutuskan Memanggil Tukang Servis

AC adalah alat yang sudah bisa ditemukan di banyak tempat. Hampir seluruh bangunan dan fasilitas umum menggunakan alat ini. Tentu saja kegunaannya adalah untuk membuat sejuk ruangan sehingga orang-orang di dalamnya bisa merasa nyaman. Bank, rumah sakit, hotel dan gedung yang lain memakai AC untuk memuaskan pelanggannya. Rumah pribadi pun tidak ketinggalan untuk memakai AC. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak paham bagaimana cara membetulkan AC yang rusak. Hal yang langsung dilakukan adalah memanggil tukang service AC Tangerang dan daerah yang lain untuk melakukan perbaikan. Padahal, bila mengetahui cara memperbaiki, Anda bisa melakukan penghematan biaya.

AC dipenuhi dengan debu tebal

Kesalahan pertama yang sangat sering dilakukan adalah AC sangat jarang dibersihkan. Padahal hal tersebut justru menjadi penyebab pertama mengapa AC mengalami kerusakan. AC yang biasa digunakan lama-kelamaan tidak mengeluarkan hawa sejuk. Sebelum memanggil tukang servis, akan lebih baik bila Anda melakukan cek pada AC terlebih dahulu. Periksa apakah filter, evaporator dan komponen lain tertutup debu atau tidak. Bila Anda menemukan banyak debu, segera bersihkan komponen tersebut. Salah satu penyebab mengapa AC tidak dingin bisa disebabkan oleh hal itu. Bila sudah dibersihkan, jangan lupa untuk tetap melakukan pembersihan rutin, minimal membersihkan filter sebanyak satu kali dalam seminggu.

Tidak dingin

Bila poin di atas telah Anda lakukan, tapi AC tetap tidak memberi kesejukan, bisa jadi penyebabnya adalah jumlah freon yang semakin menipis. Lakukan cek pada AC apakah masih memiliki tekanan freon atau tidak. Bila memang sudah tidak ada tekanan, memang itulah saatnya bagi Anda untuk melakukan pengisian ulang pada freon. Selain memang sudah habis, freon juga bisa mengalami kebocoran. Bila sudah demikian, memang waktunya bagi Anda untuk memanggil tukang servis agar AC bisa dibetulkan. Agar kejadian kehabisan freon tidak berulang, penting bagi Anda agar melakukan cek jumlah freon sebanyak satu kali dalam tiga bulan. Hal ini bisa dijadikan langkah pencegah agar Anda tetap bisa menggunakan AC dalam jangka waktu yang lama.

Pengaturan pada remote

Salah satu kesalahan yang sering terjadi biasanya disebabkan oleh human error atau kesalahan yang dilakukan oleh manusia. pengguna AC sering mengatur AC pada mode yang tidak tepat. Misalkan, AC tidak dikondisikan pada mode cool sehingga udara yang dihasilkan menjadi tidak dingin. Hal ini tentu saja sering menjadi penyebab orang-orang mengira bahwa AC sedang rusak. Padahal yang terjadi memang kesalahan pada orang tersebut.

Beberapa tips di atas bisa langsung Anda praktikkan bila AC di ruangan Anda sedang mengalami kendala. Jangan terburu-buru untuk memanggil tukang servis. Bila memang permasalahan AC bisa diatasi sendiri, mengapa perlu membayar orang lain, bukan?