Penyebab, Pencegahan Sampai dengan Pengobatan Frozen Shoulder

Pengobatan Frozen Shoulder

Menjaga kesehatan itu sangat penting sejak muda, jangan sampai ketika Anda tua harus menerima resiko akibat masa muda yang acuh pada kesehatan. Seperti terjadinya serangan frozen shoulder yang merupakan kondisi kekakuan, nyeri ataupun batasan gerakan lainnya pada bagian bahu. Masalah kesehatan satu ini lebih rentan kepada mereka yang memasuki usia 40 tahun atau lebih tua, khususnya lagi para wanita. Tetapi bisa juga terjadi pada mereka yang sedang dalam tahapan pemulihan seperti pasca operasi stroke ataupun yang lainnya.

Pembekuan pada bahu atau adhesive capsulitis bisa juga terjadi ketika mengalami beberapa masalah atau cidera dengan gerakan yang berlebihan. Gangguan ini mengakibatkan jaringan pada bagian sendi kaku. Tanpa diobati perlahan masalah tubuh itu bisa menghilang tetapi bisa juga bertahan sampai dengan bertahun-tahun. Kemunculannya juga tanpa pemicu yang jelas yang tiba-tiba muncul. Tetapi sebagian besar juga diakibatkan oleh rematik, penderita diabetes namun belum diketahui secara pasti. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam lagi mulai dari penyebab, pencegahan sampai dengan pengobatan.

Selain telah dijelaskan diatas, masih ada beberapa hal yang diduga pemicu masalah pembekuan pada bahu seperti:

  1. Trauma. Ini bisa menjadi pemicu pula dimana pernah mengalami pembedahan pada bagian bahu, robekan tenden atau pernah juga mengalami patah tulang pada bagian atas.
  2. Imobilisasi. Selain itu bisa pula disebabkan oleh bekas operasi lama seperti misalnya bedah saraf, kardiovaskular sampai dengan bedah toraks.
  3. Endokrin. Tidak menutup kemungkinan pula mengalami masalah diabetes, autoimun sampai dengan penyakit tiroid sebelumnya.
  4. Masalah saraf yang diakibatkan oleh stroke atau parkinson.
  5. Masalah jantung seperti hipertensi atau bisa juga iskemia jantung.
  6. Sering mengkonsumsi berbagai jenis obat anti-retrovirus, imunisasi ataupun yang lainnya.

Pertama kali pembengkakan pada bagian bahu akan menimbulkan rasa nyeri yang cukup sakit pada kisaran bagian tersebut, mulai dari tulang sendi bahu sampai dengan area sekitarnya. Sakit akibat frozen shoulder akan selalu dirasakan, tidak menutup kemungkinan ketika sedang istirahat pada malam harinya. Nah, jika sudah mengalami seperti itu secara otomatis perlu melakukan pemeriksaan pada dokter ahli. Selain dari pemeriksaan secara fisik, umumnya hal itu dikaitkan dengan beberapa gejala umum saja. Tetapi dokter tetap akan memberikan rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti X-ray atau bisa juga dari MRI sca.

Tidak akan menjadi masalah yang besar ketika pengobatan dilakukan dirumah sakit karena secara langsung akan mendapatkan pengawasan dari pihak dokter dan tenaga medis lainnya. Tetapi setelah dirumah, Anda bisa juga menjalankan pengobatan secara mandiri. Nah, berikut ini ada beberapa contoh yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah yaitu:

  1. Menggunakan obat yang diarahkan oleh dokter sebelumnya.
  2. Melakukan olahraga atas persetujuan dari dokter.
  3. Mengikuti bimbingan dari ahli fisioterapi untuk membuat kondisi lebih baik lagi.
  4. Mencoba untuk melakukan gerakan normal, karena jika jarang akan membuat masalah pada bahu.

Pada dasarnya kunci utama mempertahankan kesehatan dihari tua adalah membiasakan hidup yang baik sejak awal. Jangan sampai mengalami berbagai kondisi yang justru dapat merugikan Anda sendiri. Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat kondisi atau masalah kesehatan frozen shoulder teratasi secara baik. Meskipun tidak bisa langsung memberikan kesembuhan tetapi paling tidak sedikit dapat mengatasi masalah kesakitan pada bagian bahu Anda.

Leave a Reply