Perhatikan Penyebab Buta Warna berikut Ini

Perhatikan Penyebab Buta Warna berikut Ini

Bagaimana rasanya ketika hanya bisa melihat warna hitam dan putih saja? Mungkin itulah yang dirasakan oleh orang yang mengalami buta warna. Buta warna merupakan gangguan penglihatan yang membuat penderitanya kesulitan untuk mengidentifikasi warna. Ada berbagai penyebab gangguan ini, yakni sebagai berikut.

Penyebab Seseorang Mengalami Buta Warna

  1. Penuaan

Penuaan merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami buta warna. Seiring bertambahnya usia, organ-organ tubuh akan semakin melemah. Hal itu juga terjadi pada indera penglihatan. Saraf optik yang terdapat di bagian mata akan melemah bahkan bisa tidak dapat berfungsi sehingga akan kesulitan untuk mengidentifikasi warna.

  1. Faktor keturunan

Orang tua yang menderita buta warna berkemungkinan besar akan menurunkannya kepada anaknya. Hal ini karena buta warna dapat diturunkan ke generasi berikutnya. Kerusakan atau gangguan yang terjadi pada organ yang berfungsi untuk mengidentifikasi warna akan terbawa gen dan menurunkan ke anak.

  1. Obat-obatan

Kasus ini mungkin jarang terjadi. Akan tetapi, mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan buta warna. Buta warna warna ini terjadi karena efek samping obat tersebut. Beberapa jenis obat yang memiliki efek samping itu antara lain obat infeksi, tekanan darah tinggi, jantung, rheumatoid artritis, dan disfungsi ereksi.

  1. Diabetes

Penyakit menakutkan yang satu ini juga dapat menyebabkan buta warna karena terdapat kasus kerusakan pada retina atau disebut diabetic retinopathy. Bukan hanya menyebabkan buta warna, diabetes yang sudah parah bahkan bisa menyebabkan buta permanen hingga kematian. Oleh karena itu, diabetes adalah penyakit yang sangat perlu diwaspadai.

  1. Katarak

Katarak merupakan keadaan ketika di mata muncul gumpalan putih dan menutupi lensa mata. Hal ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Perumpamaan keadaan ini adalah seperti kaca yang tertutup embun. Jika seseorang terkena katarak, sebaiknya segera dilakukan tindakan penyembuhan sebelum menyebabkan terjadinya buta warna.

  1. Cedera Mata

Cedera mata yang diakibatkan dari berbagai peristiwa seperti kecelakaan, hantaman benda keras, atau terkena pukulan dapat menyebabkan seseorang mengalami buta warna. Hal ini menyebabkan saraf pada mata mengalami gangguan dan kerusakan sehingga fungsi mengidentifikasi warna akan terganggu.

  1. Zat Kimia

Penyebab terakhir yang dapat menyebabkan buta warna adalah terkena paparan zat kimia. Beberapa zat kimia memang digolongkan ke dalam zat berbahaya karena dapat merusak organ dan fungsi organ pada manusia. Contoh zat kimia yang berbahaya adalah carbon disulphide. Zat ini biasa ditemui pada industri rayon yang digunakan pada industri karet dan plastik.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami buta warna. Dengan memahami hal tersebut, diharapkan semua dapat mewaspadai faktor yang masih dapat dihindari sehingga kemungkinan mengalami buta warna bisa terminimalisasi.