Prediksi Tabrakan Galaksi Andromeda dan Bimasakti Dampaknya ke Bumi

Tabrakan Galaksi Andromeda dan Bimasakti

Prediksi tabrakan galaksi Andromeda dan Bimasakti disampaikan oleh para astronom. Sifat kanibal dari galaksi Andromeda mampu melahap berbagai benda angkasa yang ada disekitarnya tidak terkecuali bila terjadi tabrakan dengan gugusan Bimasakti.

Akibat Tabrakan Galaksi Andromeda dan Bimasakti

  • Galaksi Bimasakti tempat tinggal manusia

Bimasakti gugusan planet yang kita tinggali saat ini lokasinya dekat dengan galaksi Andromeda. Karena sifat Andromeda dan jarak yang dekat membuat astronom menyampaikan prediksi tabrakan ini.

Jika prediksi benar kedua galaksi akan bertabrakan sehingga akan terjadi benturan dahsyat antara keduanya dan menghasilkan galaksi baru yang memiliki ukuran lebih kecil dari galaksi Andromeda dan Bimasakti itu sendiri.

  • Galaksi Andromeda kanibal

Galaksi  Andromeda bisa menjadi sebesar sekarang karena berhasil melahap galaksi-galaksi kecil yang berada disekitarnya. Sifat kanibal galaksi Andromeda perlu diwaspadai oleh galaksi lainnya.

Prediksi tabrakan galaksi Andromeda dan Bimasakti diperkirakan akan terjadi empat koma lima milyar tahun. Para astronom sudah mengetahui sifat kanibal dari galaksi Andromeda pada sepuluh milyar tahun silam saat proses pembuatannya.

Saat galaksi Andromeda melahap galaksi kecil sekitarnya hal ini terjadi sekitar empat miliar tahun lalu dengan intensitas yang masih kecil. Meskipun masih kecil namun sudah sangat berbahaya untuk kelangsungan sistem tata Surya lainnya.

  • Penelitian yang dilakukan

Temuan galaksi Andromeda yang memakan galaksi lain ini pertama kali diamati oleh Dr Douglas Mackey seperti yang dilansir dari harapanrakyat.com.

Dr Douglas Mackey merupakan astronom dari kampus Anustralian National University bidang Research School of AstronomyandAstrophysics. Dr Douglas Mackey tidak bekerja sendiri dia bekerja sama dengan Geraint Lewis dari universitas Sydney.

Kedua ilmuwan ini menjelaskan bahwasanya sifat kanibal pada galaksi merupakan sifat yang wajar, umum terjadi di alam semesta. Para astronom juga memberikan penjelasan bahwasanya prediksi tabrakan galaksi Andromeda dan Bimasakti merupakan proses yang sangat berbeda dari fenomena yang pernah terjadi pada zaman dahulu.

Selama ini Andromeda memakan galaksi kecil yang memiliki ukuran sepersepuluh dari masa keseluruhan yang dimiliki Andromeda. Sementara massa galaksi Bimasakti adalah setengah dari massa total galaksi Andromeda.

  • Faktor pendukung prediksi

Selain dari segi ukuran, jarak antara galaksi Andromeda dan Bimasakti juga diperhitungkan hampir sama. Begitu juga dengan sistem yang dimiliki Andromeda hampir sama dengan sistem spiral pada galaksi Bimasakti.

Jika prediksi tabrakan galaksi Andromeda dan Bimasakti benar terjadi keduanya akan menghancurkan sistem spiral yang dimiliki keduanya. Dengan begitu peristiwa ini akan menghasilkan galaksi elips.

Jika diperhatikan dan sudah diteliti bahwa galaksi yang dimakan oleh galaksi Andromeda dulunya juga merupakan galaksi yang ada di sistem tata surya. Setelah berhasil menemukan sifat kanibal pada Andromeda jurnal nature yang dikeluarkan Dr Macky langsung mendapatkan perhatian dunia.

  • Dampak prediksi tabrakan ke Bumi

Dengan adanya prediksi tabrakan Galaksi Andromeda dan Bimasakti. Para astronom dan peneliti membuat penelitian berbagai hal tentang galaksi Andromeda mulai dari lingkar cahaya dan gugusan bintangnya. Penelitian menghasilkan bahwa ada dua gugusan bintang yang saling terhubung dengan adanya gaya gravitasi. Dikenal dengan sebutan gugusan bintang bola dengan orbit pada jalurnya masing-masing.

Mengenai dampak terjadinya tabrakan Galaksi Andromeda dengan Bimasakti terhadap bumi. Astronom memberikan penjelasan bahwa jika prediksi benar terjadi akan membuat bumi hancur akibat tabrakan bahkan matahari akan keluar dari jalur lintasannya. Meskipun masih pada tahap prediksi dan memiliki kemungkinan yang kecil namun hal tersebut bukan suatu hal yang mustahil.

Jika terjadi tabrakan selain hancur kemungkinan lainnya adalah lokasi bumi akan semakin dekat dengan lintasan bintang lainnya. Jelas hal ini akan mengganggu orbit bumi dan akan berakibat pada kekacauan pada sistem kerjanya.

  • Hipotesis sementara

Prediksi tabrakan galaksi Andromeda dan Bimasakti juga menjadi penjelasan mengenai materi gelap atau darkmatter. Yang oleh rekan-rekan Luwis diyakini adanya kejanggalan pada dua orbit Andromeda baik orbit vertikal maupun horizontal tidak sesuai dengan pemahaman gaya gravitasi.

Adanya prediksi tabrakan galaksi Andromeda dan Bimasakti tengah menjadi perhatian banyak pihak. Astronom terus melakukan penelitian untuk memberikan penjelasan mengenai fenomena yang telah terjadi maupun prediksi nantinya yang mungkin terjadi.